Sosialisasi ASEAN Paragames Indonesia 2011


Sosialisasi event supported by, Kemenpora RI - PPOM - UKM Taekwondo UNS - Best Western Hotel

Berdasarkan agenda dari Kementerian Pemuda & Olah Raga RI, Minggu 4 Desember kemarin Perkumpulan Pemuda dan Olah Raga Mahameru (PPOM) bekerjasama dengan UKM Taekwondo UNS sebagai panitia pelaksana menyelenggarakan event untuk Sosialisasi Asean Paragames Indonesia 2011.

Asean Para Games adalah sebuah acara pertandingan oleh raga layaknya SEA Games yang di selenggarakan setelah SEA Games berakhir. Perbedaannya dengan SEA Games, pada Asean Para Games ini peserta adalah seorang yang memiliki kekurangan fisik / Difabel.

Para Games ini di ikuti oleh 11 Negara Asia Tenggara. Siapa saja peserta dari perhelatan Asean Para Games  ini ??

Seperti yang saya sebutkan diatas tadi,Para Games ini di ikuti oleh 11 Negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei, dan Timor Leste.Semua ikut berpartisipasi dalam event olah raga ini.

Pertanyaan berikutnya,kapan diadankannya Asean Para Games dan dimana tempat berlangsungnya ?? Jika kemarin sebagaimana kita ketahui event SEA Games diselenggarakan dikota Palembang, Asean Para Games 2011 akan di selenggarakan di Solo pada tanggal 12-22 Desember 2011.

Asean Para Games 2011 ini merupakan yang ke enam kalinya diselenggarakan. Pertama kali diselenggarakan pada tanggal 25 oktober 2001 dengan Malysia sebagai tuan rumahnya, lalu kemudian disusul oleh Vietnam, Philipina, Thailand, Laos dan yang sekarang diadakan di Indonesia. Beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan yakni, Atletik, Angkat Berat, Renang, Panahan, Tenis Meja, Tenis Kursi Roda, Catur Bulu Tangkis, Goal Ball, Bowling, Voly Duduk.

PPOM & UKM Taekwondo UNS memanfaatkan acara Car Free Day Solo yang secara rutin diadakan setiap hari Minggu di Jl. Slamet Riyadi ini sebagai momen untuk mensosialisasikan Asean Paragames kepada masyarakat Solo. Antusiame masyarakat sangat besar menyambut acara sosialisasi tersebut dan berhasil menyedot  1000 peserta lebih.

Ada beberapa Rangkaian acara yang dilaksanakan dalam sosialisasi kemarin, Diawali dengan Jalan sehat start dari Stadion Sriwedari peserta digiring menuju kedepan hotel Best western yang juga bekerjasama dengan kami untuk mensukseskan acara ini. Didepan gedung Best Western ini para Peserta mengikuti senam bersama. Selain mensosialisasikan event Asean Paragames sendiri, dari panitia pelaksana juga berinisiatif untuk menyelenggarakan perlombaan permainan tradisional diantaranya Egrang, Bakiak, Gasing, & Pathok Lele (Benthik) dengan tujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat serta anak-anak Solo bahwa kita masih mempunyai permainan-permainan Tradisonal yang harus dijaga karena seiring perkembangan Teknologi, permainan tradisional ini sudah mulai dilupakan terbukti saat pertandingan egrang banyak yang kewalahan untuk memainkannya.

Bakiak Competition

Egrang Competition

Gasing Competition

Dipenghujung Acara, performance dari Taekwondo UNS Demonstration Team berhasil meningkatkan euphoria di Slamet Riyadi pada saat itu. Berbagai pertunjukan Skill Tendangan khas Olah Raga Beladiri Taekwondo didisplay kepada masyarakat oleh Taekwondoin dari UNS. Kemeriahan mulai memuncak saat teknik-teknik ekstrim mulai dipertunjukkan seperti Menendang papan setinggi hamper 5 meter Diatas kepala dengan salto. Tak hanya menunjukkan teknik tendangan dan pukulan, tepuk tangan penonton juga sangat meriah saat ditampilkan Taekwondo Dance. Taekwondo Dance adalah perpaduan dari gerakan jurus-jurus Taekwondo dengan alunan music Modern yang menjadikan daya tarik tersendiri dari Performance Taekwondo Demonstration.

Yaenal Zamrinata

Arty Ganang Wijaya

Andy Widhia Bayu Utomo

Aji

Arif Wahyu Nugroho

Senior Taekwondo UNS Demonstration Team

New Generation, Taekwondo UNS Demonstration Team

All Artist

Dan akhirnya yang paling ditungu-tunggu, berpuluh-puluh doorprize dibagikan pada para peserta acara Sosialisasi Paragames tersebut. Acara tersebut sepenuhnya gratis, diselenggarakan Untuk mendukung agenda Kemenpora RI untuk mensukseskan Event Asean Paragames yang akan diselenggarakan diKota Solo bulan ini.

Lihat Dokumentasi lengkapnya, DISINI

About zamrinata

Mechanical Education Study Program 2008. Vocational Education Department. Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University.

Posted on December 5, 2011, in Taekwondo and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: